CompTech – HKI dan Kesehatan

Dengan diberlakukannya Undang-Undang Hak Cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI), maka kita semua harus mencermati pemakaian suatu hasil karya, dalam hal ini akan kita fokuskan pada sistem operasi (OS / Operating System; misalnya Windows, Mac, GNU / Linux, FreeBSD, dll) dan software / perangkat lunak (misalnya Microsoft Office, OpenOffice, Corel, SPSS, Macromedia, Photoshop, TheGIMP, dll) untuk komputerisasi. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menggalakkan pemanfaatan teknologi informasi di semua bidang termasuk sektor kesehatan.


Tiap software memiliki lisensi / license agreement tentang pemakaian atau sering disebut juga End-User License Agreement (EULA). Sistem operasi Windows (kalau dibeli legal, saat ini Windows XP Home Edition seharga sekitar $78-$80; belum lagi Microsoft Office yang harganya jutaan) misalnya, hanya mengijinkan untuk digunakan / dikopi / disebarluaskan pada 1 atau sekian unit komputer saja (Campus Agreement, warnet memiliki ijin khusus dari Microsoft untuk menginstall Windows pada lebih dari 1 unit komputer di lingkungannya). EULA bisa dibaca pada saat awal instalasi atau biasanya terdapat pada menu ‘help’ tiap software.

Pada sistem operasi lainnya, misalnya GNU/ Linux distro Ubuntu, sistem operasi ini gratis…”Ubuntu will always be free of charge…” bahkan kita bisa minta dikirim gratis (ongkos kirim saja). Termasuk software sendiri ada yang harganya mahal dan ada yang gratis bahkan disertakan kode pemrogamannya.

Mengapa dokter juga harus tahu? Tidak cuma orang-orang teknik komputer atau orang-orang informatika yang harus paham hal ini. Terlebih lagi dokter katanya terpelajar, pekerjaannya tentu banyak terlibat dengan komputer dan program-programnya, minimal mengetik dan urusan kantor lainnya. Orang terpelajar katanya harus bisa jadi contoh..:D

Minimal sadar dulu bahwa lisensi ini ada.

Dan sepertinya kita tidak perlu harus mengajukan pertanyaan: “Skripsi anda dulu pake program statistik apa..? Dapet dimana programnya?” Atau: “S3 anda dulu ngetik ama presentasinya pake program/sistem operasi apa?”

Kalau kita ingin karya kita dihargai..maka hargailah hasil karya orang lain..

Satu Balasan ke CompTech – HKI dan Kesehatan

  1. Dani Iswara mengatakan:

    beralih ke open source?

%d blogger menyukai ini: