Health Informatics – GNU/Linux dalam Kedokteran

GNU/Linux makin banyak digunakan di berbagai bidang termasuk kedokteran.
Beberapa aplikasi GNU/Linux dalam kedokteran yang dapat saya temui di Internet diantaranya:

FreeMED
FreeMED merupakan suatu Electronic Medical Record (EMR) dan sistem manajemen praktik (Practice Management System [PMS]) open source yang diklaim stabil, efisien, dan mudah digunakan. Berpengalaman sejak 1999 dan FreeMED 0.8.2 telah diunduh (download) lebih dari 7000 kali, melebihi edisi lainnya dan berusaha menerapkan standar pelayanan kesehatan yang sesuai dengan situasi klinis.

OpenEMR
OpenEMR berupa modul aplikasi open source manajemen praktik, EMR, dan peresepan. Kemampuan melakukan sistem pembayaran (billing) pun telah dikembangkan yang terintegrasi melalui FreeB. OpenEMR menggunakan GNU/Linux, Apache, MySQL, dan PHPMyAdmin.

WorldVistA/OpenVistA
Edisi open source dari VistA (berlisensi, dengan sistem operasi MS Windows, menggunakan MUMPS) kini mengembangkan paket untuk pediatri, obstetri, dan paket lain untuk rumah sakit (RS), klinis medis, dan praktik berkelompok. Dilengkapi dengan OpenVistA yang berjalan dengan sistem operasi GNU/Linux, keduanya open source dan gratis.

Care2x

Didesain untuk mengintegrasikan sistem informasi yang ada menjadi suatu sistem yang efisien dan kompatibel. Sistem ini dinyatakan mampu menyatukan berbagai sektor pelayanan, sistem, departemen, klinik, proses, data, dan komunikasi dalam suatu RS. Berbasis web, sistem dapat terintegrasi dengan sistem keamanan atau pemeliharaan (maintenance). Semua modul dijalankan pada server.

OpenClinic
Sistem rekam medis open source untuk klinik pribadi, bedah, dan dokter praktik swasta. Tersedia multiplatform dan multibahasa.

GNUMed
Hasil kolaborasi dokter, para programmer, dan pemerhati open source software (OSS) di seluruh dunia menghasilkan suatu aplikasi yang cocok bagi dokter praktik berkelompok dan lainnya yang mampu mendukung sistem jaringan secara aman menggunakan PostgreSQL RDBMS.

The 3D Slicer
Aplikasi open source dan gratis ini untuk menampilkan gambar medis 3 dimensi per segmen disertai analisis kuantitatif (pengukuran jarak, sudut, luas permukaan, dan isi).

KPumpe
KPumpe yang juga berlisensi GPL (GNU General Public License) ini berfungsi sebagai catatan harian penderita kencing manis (diabetes) dan terintegrasi dengan beberapa glukometer.

Beberapa aplikasi di atas dan aplikasi lainnya yang berbasis debian dapat ditemui di Knoppix Medical_Live_CD
kenapa debian ya…?

Berita dan artikel GNU/Linux kedokteran dapat diakses di LinuxMedNews

Jurnal open source kedokteran dapat dikunjungi di The Journal of Free and Open Source Medical Computing (JFOSMC)

PDA di GNU/Linux memuat tentang sistem operasi GNU/Linux dalam personal digital assistant (PDA)

Jika dikembangkan di negara berkembang seperti Indonesia, apalagi di daerah dengan dana yang terbatas, mungkin dapat menjadi solusi alternatif yang legal, murah, mudah dikustomisasi dengan kebutuhan daerah, asal didukung oleh sumber daya manusia yang memadai…kalau tidak dari sekarang, kapan yaa…

2 Balasan ke Health Informatics – GNU/Linux dalam Kedokteran

  1. andri kusnadi mengatakan:

    INILAH SALAH SATU KEHEBATAN OPENSOURCE GNU/LINUX ;WINDOWS GAK ADA APA2XNYA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! k-lo bisa 100% FK Pake linux

  2. Yohanes Suhardi mengatakan:

    Tentu usahakan 100% LINUX yang emang gak mau virisan and repot2
    Tapi emang harus perlu kesabaran ekstra untuk memulainya

%d blogger menyukai ini: