Blog – Desain Blog Kesehatan

Blog ini pada awalnya penulis buat untuk pembelajaran dan dokumentasi saja. Versi ‘gratisan’ ini memang memiliki keterbatasan dibanding piranti lunak blog lain atau dibanding dengan hosting sendiri. Blog ini pun menurut desain/model/rancangan situs/blog kesehatan masih banyak kekurangannya, maklum masih belajar.

‘Secara’ bukan seorang desainer web, penulis juga ingin berbagi mengenai tampilan dan kemudahan aksesibilitas suatu blog menurut bahasa awam penulis (sudut pandang penulis sebagai pengguna). Sedikit banyak pendapat penulis mengacu pada HONcode, W3C, webcredible.co.uk, Jakob Nielsen, Alistapart.com, Design World Master Web Indonesia, dan pengalaman pribadi.

Desain memang merupakan suatu karya seni yang penuh nilai rasa. Desain blog pun dapat mencerminkan personalitas pemiliknya, misalnya melalui nama blog, pemilihan warna, topik tulisan, koleksi taut, dan gambar latar. Desain blog yang penulis maksud disini mencakup struktur umum blog, jenis dan ukuran huruf, warna, serta aksesorisnya.

Sah saja jika blog dibuat dengan desain tertentu dan hanya untuk catatan harian pribadi atau bahkan bukan untuk konsumsi publik. Berbeda halnya dengan blog yang ditulis dengan semangat berbagi untuk konsumsi publik. Berarti ada ‘aturan-aturan’ umum yang sebaiknya diperhatikan dalam membuat desain blog, terlebih blog kesehatan. Lepas dari seni desain blog, ada faktor aksesibilitas yang sebaiknya juga diperhatikan.

Judul blog
Judul blog sebaiknya sama dengan alamat blog atau pemiliknya untuk memudahkan mengingat dan pencarian. Misalnya saat mengetik nama pemilik/perusahaan, nama blog, atau topik kesehatan tertentu di kolom mesin pencari Google, menghasilkan penemuan blog yang dimaksud. Atau saat mengetik hal yang sama di kolom alamat Firefox akan menemukan orang/perusahaan/topik kesehatan/blog dimaksud (pakai Firefox!).

Loading time
Waktu tampilnya keseluruhan wujud blog memang dapat dipengaruhi oleh jenis koneksi (misalnya dial-up, broadband), jam akses, kemampuan browser, kecepatan komputer, banyaknya grafis blog, banyaknya JavaScript yang harus dibaca (beberapa pengguna bahkan men-disable JavaScript dengan alasan keamanan dan kecepatan…paranoid?), dan sebagainya. Jadi gunakan gambar dan JavaScript secara bijak (kecuali server memungkinkan cepatnya loading) agar pengunjung tidak lama menunggu tampilnya keseluruhan blog.
Updated Dec 18, 2006: pakai CSS (Cascading Style Sheet) ! Dapat juga ditentukan bagian mana yang ingin ditampilkan lebih dulu saat loading, bagian isi/artikel atau menu samping.

Informasi pemilik/penulis
Dalam bidang kesehatan, identitas penulis sangat penting untuk memperoleh kepercayaan pengunjung akan informasi kesehatan yang diberikan. Kalau bisa, informasi ini terpampang jelas (foto, alamat kontak/mail, biografi, CV) tanpa perlu klik ‘About’, ‘About us’, ‘Tentang Kami’, dan sejenisnya.

Disclaimer
Adanya pernyataan tentang informasi kesehatan yang ditulis merupakan pendukung yang tidak menggantikan hubungan dokter-pasien, kecuali penulis blog adalah tenaga profesional kesehatan.

Menu navigasi
Pengunjung blog yang spesifik umumnya mencari informasi tertentu dari suatu blog dan tidak ingin atau tidak memiliki waktu untuk mengeksplorasi isi blog yang lain. Mereka akan lebih suka menggunakan fasilitas pencarian, kategori, arsip tulisan, topik terhangat, dan sejenisnya.
Updated Dec 18, 2006: letak menu dapat di atas, bawah, atau lebih sering di tepi kanan dan/atau kiri blog. Menu di kiri blog (sudut pandang pengguna), mungkin karena kebiasaan menu Windows, GNU/Linux, Mac ada di sebelah kiri. Menu di kanan blog, sepertinya karena tombol scrolling ada di sisi kanan jendela.

Kustomisasi pengguna
Pengunjung mungkin lebih senang tampilan jendela yang tidak maximize, mungkin juga menggunakan layar monitor jenis lebar (wide screen), atau ingin ukuran tulisan yang diperbesar. Desain yang liquid tentu akan sangat membantu agar blog tetap tampil maksimal. Pengguna memilih sendiri skin/theme? Boleh juga.

Sumber tulisan
Menyatakan dengan jelas sumber tulisan. Sertakan taut yang benar dan valid.

Membalas komentar
Sempatkan membalas komentar tiap pengunjung blog. Sisipkan taut yang jelas untuk mempertegas jawaban jika pengunjung ingin eksplorasi lebih lanjut.

Updated Dec 5, 2006:
Moderasi komentar
Komentar pengunjung sebenarnya wujud interaktivitas blog yang dapat membedakan dengan web biasa. Sah saja jika comment moderation diaktifkan untuk menjaga ‘kebersihan dan keamanan’ kolom komentar blog anda. Tetapi dengan adanya huruf/kode rahasia yang harus ditulis manual (tidak [belum?] mampu diakali ‘robot’ untuk spam), sepertinya akan lebih enak jika komentar yang pengunjung tulis dapat langsung dibaca tanpa menunggu persetujuan pemilik blognya.

Anonimitas
Jika pendapat/komentarnya memang bermanfaat atau pada topik-topik pribadi seperti konsultasi seks, anonimitas sepertinya tidak masalah.

Kerahasiaan
Email yang dituliskan pada kolom komentar hendaknya memang tidak untuk ditampilkan/disebarluaskan.

Fasilitas feed dan langganan
Sediakan fasilitas feed dan langganan/notifikasi (via mail) agar pengunjung dapat mengikuti tulisan-tulisan selanjutnya.

Fasilitas shoutbox
Ini dapat membantu interaksi bagi pengunjung yang ingin memberi pesan singkat di blog.

Fasilitas social bookmarking
Untuk memudahkan tulisan/topik tertentu ditemukan melalui pencarian bookmark/tag.

Warna desain
Hati-hati penggunaan warna merah dan hijau bersamaan untuk menghindari kesalahan karena buta warna merah dan hijau, terutama dalam pengisian formulir yang harus diisi/tidak boleh dikosongkan. Baiknya berikan keterangan dengan teks juga (bahwa kolom harus diisi/tidak boleh dikosongkan).

Kecepatan baca
Tulisan tepi kiri lebih mudah dibaca. Atur tulisan menjadi paragraf yang tidak monoton dan membosankan tapi tetap dalam satu pokok pikiran yang mengerucut. Beri subjudul dan list style agar lebih jelas.

Updated Dec 3, 2006:
Read more
Dengan model ini, tulisan blog jadi terlihat lebih rapi, cukup menampilkan judul, sekilas isi tulisan, yang berminat membaca tulisan selengkapnya tinggal klik Read more…. Membutuhkan klik tambahan memang. Halaman utama pun mungkin dapat di-loading lebih cepat tanpa harus menampilkan teks penuh suatu tulisan/artikel. Tanpa fasilitas ini, dapat disiasati dengan membuat judul yang menarik dan daftar tulisan sebelumnya di menu samping.

Jenis huruf
Jenis huruf yang aman dan mudah dibaca diantaranya sans-serif yang dikenal sebagai Arial di Windows atau Helvetica di Linux dan Mac. Jenis lainnya Verdana dan Georgia. Serif atau dikenal sebagai Times New Roman (Windows) atau Times (Mac) juga sering digunakan, tetapi kurang jelas terbaca pada ukuran kurang dari 12 point.

Taut
Taut (links) sebaiknya dibedakan dengan teks biasa dan diberi keterangan sejelasnya daripada sekedar menyebutkan …disini dan disini. Taut yang sudah dikunjungi juga ada baiknya dibedakan dengan warna tertentu (beberapa browser memiliki aturan tersendiri).

Cetak
Jika tulisan banyak memuat tentang tutorial/artikel yang layak untuk disimpan dan dicetak, sediakan pula versi cetak atau pdf untuk diunduh.

Judul dan tulisan
Sebaiknya judul dan tulisan mengandung unsur SEO (search engine optimization) sehingga mudah ditemukan oleh mesin pencari dan pengguna.

Iklan
Hindari penggunaan iklan yang mengganggu (berkedip-kedip, gambar yang besar dan menyolok, dan sejenisnya). Bedakan iklan dengan artikel informasi kesehatan yang ditulis. Nyatakan dengan jelas jika memang ada dukungan sponsor.

Update teratur
Sampaikan pemberitahuan bahwa blog akan di-update tiap hari, mingguan, atau bulanan. Perubahan atau tambahan tulisan pada judul tulisan terdahulu dicantumkan dengan jelas.

Desain yg umum
Desain yang umum seperti model 2 kolom dan navigasi di kolom kanan atau kiri dapat membuat pengguna lebih nyaman.

Open in external window dan back button
Taut yang diatur agar terbuka pada jendela baru memang dapat mengganggu fungsi back button dan berkesan ‘mengusir’ pengguna. Tetapi browser masa kini telah menyediakan tab sehingga halaman utama tetap dapat diakses dengan mudah sambil membuka halaman lain pada tab baru.

Text-based pengganti gambar
Perhatikan pengguna browser yang berbasis teks seperti Lynx. Atau pengguna yang men-disable tampilnya gambar demi mempercepat loading time. Mesin pencari pun hanya akan membaca teks, bukan gambar.

Standar W3C
Menerapkan validitas menurut W3C tidak menjamin ‘amannya’ tampilan blog pada semua browser, karena beberapa browser belum menerapkan seluruh standar W3C. Paling tidak, uji tampilan blog menggunakan Firefox (+ Web Developer extension), Opera, dan Internet Explorer.

Pengguna cacat fisik
Telah dikembangkan podcasting.

Updated Dec 18, 2006:
Bahasa
Bahasa yang digunakan pun sebaiknya disesuaikan dengan target pembaca. Untuk memudahkan diseminasi informasi di dalam negeri, gunakan Bahasa Indonesia. Untuk latihan, tulisan yang ingin ‘menyentuh’ dunia luas, promosi usaha, maka dapat digunakan Bahasa Inggris (internasional). Untuk beberapa istilah sakit, dapat digunakan bahasa daerah yang sesuai.

Dari semuanya, yang penting adalah konten/isi yang menarik dan bermanfaat.
Mari belajar dan saling berbagi. Ngeblog ya..ngeblog aja..

4 Balasan ke Blog – Desain Blog Kesehatan

  1. Anonymous mengatakan:

    bisa untuk panduan or rujukan sejawat nih, termasuk memperbaiki tampilan blog saya hehehe
    salam
    🙂

  2. Dani Iswara mengatakan:

    mohon masukan juga Pak Hatmoko, ilmu untuk bersama..😀

  3. ani mengatakan:

    bisa kirim gga artikel ttg kanker apa aja kemungkinan diderita wanita, penyebabnya dan pencegahannya, oo iya knapa belum semua jenis kanker ada vaksinasi? knapa baru kanker lhr rahim? pdhal kan itu rentan terjadi pada saat wnta itu telah mendapat menstruasi atau telah melakukan hubungan seksual sedangkan kanker payudara tanpa melakukan hubungan itu juga bisa terjangkit penyakit itu… jadi volume prosentase penderita jauh lebih banyak tapi kok malah belum ada sie vaksinasi utk kanker payudara ….. di tunggu …

    » ani:
    saya balas via mail aja yah..

  4. rekanbisnisonline mengatakan:

    Prospek yang menarik buat Anda
    dan masa depan Anda
    Temukan Bisnis Internet Paling Mudah, Murah dan Praktis
    Menghasilkan UANG Melimpah Di Internet
    http://www.rekanbisnisonline.com

%d blogger menyukai ini: