Health Informatics – Peluang Kerja Informatika Kesehatan

Tulisan berikut ini ingin memberikan gambaran mata kuliah-mata kuliah yang akan diperoleh jika mendalami bidang informatika kesehatan/kedokteran di Indonesia berikut sekilas beberapa peluang kerja bidang informatika kesehatan/kedokteran yang dimuat di informatics-review.com.

Setelah mengunjungi:

akan diperoleh gambaran mata kuliah yang termasuk dalam kurikulum informatika kesehatan.

Secara umum materi tersebut meliputi:

  • Statistik Kesehatan (Biostatistik)
  • Sistem Informasi Kesehatan (SIK)
  • Manajemen Basis Data
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  • Sistem Informasi Geografis (SIG)
  • Rekayasa Sistem Informasi Manajemen (SIM)/Rekayasa Piranti Lunak
  • Aplikasi Komputer

Beberapa pusat pendidikan informatika kesehatan mungkin memiliki program tambahan tertentu seperti kunjungan ke lapangan/praktik kesehatan, kerja sama dengan pihak luar negeri, dan pendidikan jarak jauh melalui eLearning.

Para lulusan nantinya diharapkan berpeluang bekerja di Departemen Kesehatan RI, rumah sakit, Puskesmas, lembaga pendidikan, lembaga penelitian, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), perusahaan swasta, perusahaan asuransi, perusahaan industri, perusahaan farmasi, wiraswasta, dan lain-lain.

Di luar negeri dikenal beberapa contoh istilah deskripsi pekerjaan informatika kedokteran:

  • Medical Director for Informatics
  • Medical Director of Information Systems
  • Chief Medical Information Officer
  • Healthcare Webmaster
  • Director of Health Care Informatics
  • Information Security Manager
  • Pharmacy Systems Analyst
  • CPOE-Focused Medication Use Policy Analyst

Penjelasan rincinya silakan dibaca pada taut di atas.

Di Indonesia istilahnya apa ya…?

Pekerjaan di bidang informatika kesehatan/kedokteran pada dasarnya berusaha berperan pada pengembangan dan implementasi suatu sistem informasi kesehatan. Bekerja sama dengan pihak/vendor/departemen teknologi informasi, berusaha memahami kebutuhan komunitas kesehatan/kedokteran akan pemanfaatan teknologi informasi untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Peluang kerja bidang informatika kesehatan nampaknya masih terbuka lebar mengingat perkembangan sistem informasi kesehatan dewasa ini yang makin menggeliat.

Teknologi informasi hanyalah sebagai alat bantu untuk mencapai tujuan.

Bagi rekan-rekan yang berminat menekuni bidang informatika kesehatan/kedokteran, baik yang berasal dari disiplin ilmu kesehatan masyarakat, kedokteran, farmasi, keperawatan, teknik, ekonomi, sosial, dan sebagainya, aplikasi komputer juga merupakan penunjang. Yang belum menguasai komputer pun akan memperoleh pelatihan tambahan untuk menunjang proses pembelajaran nantinya.

Yang benar-benar ahli komputer kan sudah ada beliau-beliau, misalnya lulusan teknik informatika. Kolaborasi bidang informatika kesehatan, manajemen, dan teknologi informasi, serta tidak menutup keterlibatan bidang lainnya, kita harapkan dapat menjembatani terciptanya sistem informasi kesehatan yang lebih baik.

7 Balasan ke Health Informatics – Peluang Kerja Informatika Kesehatan

  1. mina mengatakan:

    saya tertarik GIS sebenarnya. ada gak ya, e-learning (gratis heheheh) untuk GIS?

  2. Anonymous mengatakan:

    mbak Mina: coba dulu Epi Info. Aplikasi GISnya juga lumayan buat para pemula. Bisa masukin data GPS, bisa buat buffer, apalagi hanya sekedar peta tematik. Freeware lagi…
    Mas Dani: pekerjaan sebagai konsultan kok gak masuk? Catatan: konsultan=dikongkon tetep kesulitan he..he..he..

  3. Dani Iswara mengatakan:

    #1. Mbak Mina: ya.. Epi Info dl yg freeware dan legal🙂
    bole belajar ma pak Anis tuh..🙂

    #2. Pak Anis: hi hi hi..nah itu dia pak..thanks masukannya.., konsultan krn kepakarannya atau krn pendidikannya..ada ngga ya kayak brevet konsultannya spesialis..🙂

  4. Anonymous mengatakan:

    Peluang kerjanya memang banyak tapi belum semua instansi/departemen/unit kerja/atau apalah yang decision maker-nya belum menyadari pentingnya Informatika Kedokteran/Kesehatan
    Mudah2an cepet berubah…

  5. mina mengatakan:

    dulu pernah dikasi software ini trus CD nya ngilang. tar cari2 ah di penjualan CD kali aja ada ya. versi berapa yang terbaru?

  6. MattGar mengatakan:

    Thanks for good post! Thats what i’ve been looking for.

%d blogger menyukai ini: