Salah Sasaran, Terima Kasih

Tanggal 8 Februari 2007 yang lalu, saya menerima email dari pengelola salah satu blog di WP.com. Isinya mengenai undangan untuk menjadi author di blognya.

ยป Diperbaharui (bawah)

Email tersebut seperti ini (saya kopi pasta/rekat):

to: daniiswara[at]gmail[dot]com
date: Feb 8, 2007 7:25 PM
subject: [judul blog pengundang]: You’re added to this blog
mailed-by: wordpress.com

Howdy,

You’ve been invited to [judul blog pengundang] at http://%5Bsengaja saya sensor].wordpress.com as an author.

If you don’t care, just ignore this email. ๐Ÿ™‚

Cheers,
WordPress.com

Email ini saya abaikan, lha mau diapakan lagi..’just ignore this mail’..saya tidak ada menyatakan persetujuan saya..

Tetapi saat saya mengecek dasbor blog di WP.com, terdapat beberapa notifikasi pembaharuan tulisan dan komentar dari blog pengundang tersebut. Sepertinya saya otomatis dimasukkan oleh pengundang tadi dan WP.com sebagai author.

Di kolom Dasbor (Dashboard) ยป Statistik (Blog Stats) juga tercantum blog pengundang.
Di kolom Pengguna (Users) ยป Profil (Your Profile), di kolom kanan tercantum blog pengundang selain blog utama (Primary Blog) saya.

Cara melakukan undangan tersebut (silakan coba๐Ÿ˜€ ) melalui navigasi:

  • Users ยป Authors & Users
  • pada kolom bawah terdapat Add User From
  • masukkan email yang akan diundang
  • tentukan/pilih statusnya sebagai administrator/editor/author/contributor
  • klik Add User

Diperbaharui (Selasa, 13 Februari 2007) :
Peran/tugas masing-masing status ada di artikel What are the different roles.

Cara menghapus sebagai pengundang: dengan memilih opsi/pilihan status pengguna pada kolom di atasnya.

Kemungkinan pengelola blog tersebut memperoleh email saya dari komentar saya di salah satu topiknya (yang kompeten untuk saya komentari) atau dari halaman depan blog saya.

Terhadap hal tersebut saya berkeberatan dengan tindakan pengelola blog dan WP.com.

Saya mengirimkan dan menulis keberatan saya di blog dimana saya telah dianggap sebagai author-nya. Tulisan tersebut berhasil termuat (sekarang telah dihapus oleh pengelola blog bersangkutan๐Ÿ˜€ ) tanpa moderasi (apakah dapat dimoderasi? Sebelumnya komentar saya tentang hal yang sama malah mengalami moderasi..dan tidak dimuat hingga sekarang) dengan sukses (halaman tersebut sempat saya simpan dan diketahui oleh salah seorang pengguna WP.com sebagai saksi secara live [makasi dah mau direpotin via chatting..๐Ÿ˜€ ]).

Isi keberatan saya sebagai berikut:

Yth. Admin [judul blog pengundang]

Dengan ini, saya:

Nama: I Putu Dani iswara WP

menyatakan terima kasih atas undangan saudara/i sesuai email terlampir, tetapi saya juga berkeberatan dengan ajakan sebagai author di blog ini.

Alasan:
ยป maaf, saya tidak berkompeten (-topik- saya sensor)
ยป walaupun email tersebut saya abaikan, saya tetap mendapat notifikasi tulisan-tulisan terbaru dan statistik blog saudara/i. Ini sangat mengganggu buat saya dan dapat saya kategorikan sebagai perbuatan tidak menyenangkan (dan spam).

Keberatan ini juga saya ajukan sebagai feedback kepada WP.com.

Saran saya:
ยป Googling dahulu calon ybs
ยป Tawarkan melalui email pribadi admin
ยป Sediakan kontak admin di blog saudara/i
ยป Tulisan saya ini mohon jangan dihapus dulu agar tidak terulang kepada pengguna lain
ยป Hapus keanggotaan saya sebagai author blog ini.

Terima kasih.

Hormat saya,
-Dani iswara-
<https://daniiswara.wordpress.com/&gt;

email terlampir:

[seperti di atas]

Saya memaklumi jika pengirim undangan tersebut belum/tidak menyadari akibat undangan versi WP.com ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi penerima email.

Saat ini keanggotaan saya sebagai author memang telah dihapus dari blog pengundang, untuk itu saya ucapkan terima kasih atas perhatian pengelola blog tersebut.๐Ÿ˜€

Tulisan ini akhirnya saya muat juga sebagai pembelajaran buat kita semua. Mungkin ada pengguna lain yang pernah mengalami hal yang serupa (salah sasaran), dan jangan sampai terulang lagi pada pengguna lainnya.

ยป Diperbaharui ( Selasa, 13 Februari 2007) :
Hari ini blog tersebut saya kunjungi, tetapi muncul:

This blog has been archived or suspended for a violation of our Terms of Service.

You can create your own free blog on WordPress.com.

Ah apa karena kejadian ini ya..jadi ngga enak saya, maaf..

Silakan beri komentar, email tidak dipublikasikan, kode (XHTML) berikut dapat digunakan:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <code> <em> <i> <strike> <strong>

Dapatkan foto/ikon avatar dari Gravatar.

Dani

19 Balasan ke Salah Sasaran, Terima Kasih

  1. cakmoki mengatakan:

    Kalau link dari postingan nggak masuk ke email kan.
    Saya jarang buka email, paling cepat seminggu 2 kali. Kadang banyak juga, entah dari mana. Mulai minta sumbangan dll.
    Ada juga milis agama, yang begini langsung hapus, isinya banyak mecah belahnya daripada bikin rukun. Yang terus menjadi pertanyaan, darimana mendapatkan email kita ?
    Ada yang saya masukkan spam, masuk lagi dengan identitas lain isinya sama.
    Mungkin memang resiko, pakai filter juga sama. Gimana baiknya Mas ?

  2. helgeduelbek mengatakan:

    Wah kok sampai teledor atau atau disengaja? saya belum pernah, semoga tidak pernah. kecuali kirim wesel atau kirim uang halal.๐Ÿ™‚ Makasih telah berbagi.

  3. Deni Triwardana mengatakan:

    Semoga tetap menjadi Dokter yang Independen ya Pak Dokter…

  4. Herman Saksono mengatakan:

    Makanya… pakai blogger saja๐Ÿ˜€

    Terima kasih sudah memaparkan ini๐Ÿ˜‰

  5. Biho mengatakan:

    saya juga diundang jadi author, halah saya mah orang awam malah keder sendiri๐Ÿ˜‰

  6. senyumsehat mengatakan:

    Wah kok ada sensornya segala, author topic apa tuh…lihat dunk… eh namnya mas Dani ada WP nya euy… spesialis WP dik…? aku mo juga ah…

    Wah Momon kok nongol disini gara2 kmarin ku kasih tahu add sense ya…, kamu aja Mon yang pindah sini…hehehe… di blogger aku dimarah2in temenku mulu padahal benwit dia yg naik beca…

  7. wadehel mengatakan:

    Akhirnya berhasil juga keluar dari situ ya๐Ÿ˜› syukurlah.

    Saya sendiri ga pernah ngawasin pernak-pernik, blom kebayang gunanya apa๐Ÿ˜› kalau sekedar untuk mengawasi adanya komentar/pertanyaan baru, cukup melalui rss aja.

  8. prayogo mengatakan:

    Mungkin ini salah satu kelemahan WP (mungkin), tetapi walaupun begitu masih banyak sisi yang bagus dari WP.

  9. Anang mengatakan:

    hehe pake blogger aja

  10. Kang Kombor mengatakan:

    Saya juga kelola suaraku.com. Waktu saya mencari penulis, saya pajang pengumuman di blog itu tetapi tidak pernah secara langsung add user > author tanpa persetujuan yang bersangkutan. Baiknya memang kirim email dulu minta kesediaan dijadikan author, nggak main nambahin seenaknya.

    BTW, Herman sama Mas Anang kampanye Blogger nih… males ah, mau komentar saja dikasih pop up… tolong diset jangan pop up dong.

  11. Dani Iswara mengatakan:

    » cakmoki:

    Maksudnya, tulisan/komentar di blog kita masuk mail? Iya bisa diatur demikian di WP.com ini.

    Email di blog perlu utk kontak selanjutnya (apalg buat yg nawarin kerjaan๐Ÿ˜€ ).

    Walau pun dah nulis dgn tata anti robot spam (spambot), tetep aja ada yg jail, mungkin jg bobol via subscribe2 online dan offline gak jls yg ngga pake jalur https:// ato penyimpanan basis datanya gak aman..

    Lha akismet aja skrg makin rame..๐Ÿ˜€

    Mungkin mesti ati2 pas publikasi mail, mail yg gak jls jgn diapus([?]; emang pengirimnya tau kl penerima merespon/menghapus email yg diapus?) tp masukin spam aja biar lbh aman.. (CMIIW)

    blm lag kl isi virus/script macem2..

    » helgeduelbek:
    semoga gak terulang Pak Guru, btw yg halal bole jg pak ke mail saya..๐Ÿ˜€

    » Deni Triwardana:
    semoga Pak Deni, susah pasti itu..๐Ÿ˜€

    » Herman Saksono:
    Makasi Mas Herman dah mampir..
    kl di blogger.com gak bs bikin postingan [kejadian] gini mas..๐Ÿ˜€

    » Biho:
    yap pasti ada kejadian serupa sebelumnya..saya cari2 gak nemu..๐Ÿ˜€

    » senyumsehat:
    iya disensor bu, yg penting tujuannya..๐Ÿ˜€

    » wadehel:
    akhirnya..๐Ÿ˜€

    krn masi pemula WP.com, di laptop saya pake dasbor admin sbg Home Page FF2 dg segala history, cache, password, dan cookies-nya, dan default-nya dasbor ya memuat stuff/pernak-pernik itu..

    RSS reader saya pake Bloglines yg online public aja krn pindah2 komputer (PC dan warnet), lagian masi ‘gatel’ eksperimen WP.com ini..

    » prayogo:
    mungkin..saya gak kapok kok pake WP.com..๐Ÿ˜€

    » Anang:
    he he he smntr pensiun dari blogspot Pak Anang..

    blogspot cuman unggul (IMHO):

    » edit css dan x/html (tp sayang tetep gak valid x/html pdhl mrk nyaranin pake FF sbg browser standar; bisa valid xhtml 1.1 spt di daniiswara.blogspot.com, tp tanpa navbar dan komen..๐Ÿ˜€ )

    » adsense

    » add user menunggu jwb yg diundang (tdk otomatis spt yg saya alami..)๐Ÿ˜€

    WP.com (sbg pemula; theme standar ini) malah bisa valid rss, css, xhtml, inline reply, tanpa pop-up, anti spam terintegrasi, loading relatif lbh cepat, ‘more’ lbh mudah, statistik terpadu, dan gak sanggup nyebutin saking banyaknya.. hi hi hi..๐Ÿ˜€

    » Kang Kombor:
    iya Kang setubuh..eh latah.. setuju..

    mending beliau2 pindah ke WP.com shg bandwidth blogspot moga2 jd agak lbh ringan dikit..๐Ÿ˜€

  12. Luthfi mengatakan:

    hmm. jangan2 aku malah salah satu pelakunya …

  13. Deddy mengatakan:

    Wah uda pindah ke WP ya… sip sip… dah lama ga mampir *update link duluw*

  14. tito mengatakan:

    enak juga ya kalau bisa saling kontak seprofesi, bisa ngundang2 gitu. Tapi kalau yang diundang gak cocok ya gimanaa

  15. politea mengatakan:

    bro, mau nanya. kalo kita masukkan link yang bukan punya wp, misalnya detiknews.com, apakah itu bertentangan dengan aturan wp?

  16. Dani Iswara mengatakan:

    » Luthfi:๐Ÿ˜€ btw congrat blognya dah balik..

    » Deddy:
    iya nih..ganti suasana Ded..๐Ÿ˜€

    » tito:
    yg susah kl nyari sesama hewan sok bodoh tahu soal dokter berkomik..๐Ÿ˜€

    » politea:
    wah maap, saya pemula nih di wp.com..kl gak bole, alasannya apa ya, kec. misalnya ada yg menganggap detik.com hanyalah situs ‘salin berita’, ato hanya iklan yg memberatkan..๐Ÿ˜€ CMIIW ya..kl taut rumahbeasiswa gemana ya..๐Ÿ˜€

  17. jhonrido mengatakan:

    Kayaknya banyak kasus seperti itu mas dani. Tapi bagusnya konfirmasi lagi, atau cuekin aja bos. hahaha.

  18. Dani Iswara mengatakan:

    » Jhon Rido:
    iya Bang Jhon..di blogger.com, undangan sejenis pake verifikasi (gak otomatis CMIIW)

    kl dicuekin nah itu dia..di wp.com kita tetep otomatis dianggap masuk sbg author (sesuai undangan) dan nerima notifikasi2 tulisan blog pengundang (spt spam?), yg sebenernya kita gak butuh..

    ini yg blm dijawab wp.com

    kl mencabut posisi author itu bisa langsung via feedback (mnrt jwbn dari wp.com via mail [Mark yg jawab kl gak salah] ), tp mnrt saya masalahnya sebaiknya pake verifikasi pihak penerima undangan lah..๐Ÿ˜€

  19. senyumsehat mengatakan:

    update…update…
    Oh ya klo perlu journal aku bisa bantu bukain dr harvard e-library, kasih tahu aja abstract-nya cari di pubmed, ok?

