Dua Bulan di WordPress.com

Setelah lebih kurang 2 (dua) bulan di wordpress.com, ada beberapa uneg-uneg yang tercatat.

Kalah dari Blogger.com
Wordpress.com kalah dari blogger.com dengan skor 81 vs 99 (menurut pcworld.com). Urutan peringkat 5 blogging platforms yang diuji tersebut ada di artikel pcworld ini. Tabel perbandingan antar blogging platforms dapat dibaca di taut tabel perbandingan blogging platforms ini.

Desain Blog
Walaupun desain blogspot (versi klasik/lama) bebas divariasikan karena akses CSS (Cascading Style Sheet) dan XHTML (eXtended HyperText Markup Language) yang terbuka, tetapi desain standar bawaan (official template) blogspot kalah valid (menurut standar W3C.org) dibanding desain standar bawaan wordpress.com.

Beberapa kali desain standar wordpress.com mengalami penambahan mulai format standar 2 kolom hingga 4 kolom. Memang tidak semuanya valid CSS dan XHTML-nya. Terdapat kesalahan ringan/sederhana (nampak tanggung sekali..misalnya kesalahan pada 1-2 tag penutup) yang nampaknya desainer telah berusaha membuatnya valid. Namun isu valid mungkin tidak menjadi masalah berarti buat pengguna versi gratisan ini. Lalu buat apa para desainer (berusaha) membuat desain (template) yang valid CSS dan XHTML, tetapi setelah digunakan kami para pengguna tidak dapat melanjutkan ‘perjuangan’ tulisan ‘Valid XHTML’ tersebut.

Apa ya tren desain web/blog saat ini?
Berapa ya ukuran standar/minimal lebar layar yang digunakan untuk blog (800 x 600; 1024 x 768) ?
Saya tidak selalu menggunakan ‘Maximize Window’ di Firefox (terakhir Firefox 2.0.0.2; tidak ada alasan khusus, hanya kebiasaan saja). Beberapa blog menunjukkan tampilan yang nampaknya dioptimasi untuk layar 1024 x 768, sehingga judul blog dan deskripsinya nampak terpotong, atau menampilkan horizontal scrolling saat diakses di beberapa warnet yang kebanyakan masih menggunakan monitor dengan resolusi maksimal 800 x 600 (‘jadul’ ya?), jadi hal tersebut cukup mengurangi kenyamanan..๐Ÿ˜€

Ada juga tulisan yang layak untuk disimpan, tapi karena judul tulisan dan atau judul blog menggunakan karakter tertentu seperti ‘ : ‘, ‘ | ‘, dll., judul tulisan tersebut harus diedit dulu (menghapus karakter-karakter ‘sulit’ tadi) agar dapat disimpan..๐Ÿ˜ฆ

Performancing Firefox
Editor blog offline ini menurut saya lebih lengkap, ada kategorisasi, multi platform (Linux dan Windows), dan terintegrasi dengan Technorati (CMIIW) dibanding Deepest Sender, BlogDesk, dan JustBlogIt! (ekstensi Firefox sejenis). Tetapi kata-kata penutup ‘powered by performancing firefox’ berpotensi menimbulkan kode tidak valid (namun beruntung wordpress.com memiliki kemampuan otomatis konversi kode XHTML๐Ÿ˜€ ; mana ada di blogger.com๐Ÿ˜€ ). Tulisan ini juga dapat dinonaktifkan melalui:
ยป klik settings pada menu kiri
ยป klik tab general
ยป cari baris publishing features (bawah)
ยป hilangkan centang/tanda cek dari ‘Automatically insert Powered by Performancing?’

Fasilitas Feedback dan Report
Fasilitas di wordpress.com ini memang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan pihak wordpress.com dalam pengajuan keluhan dan perbaikan. Gambar p0rn0 mungkin universal dapat dimengerti semua orang. Tetapi bagaimana jika blog/konten yang dikeluhkan pengguna adalah blog/konten berbahasa Indonesia? Misalnya tentang cerita s3ru bin s4ru yang banyak menghiasi blog di wordpress.com๐Ÿ˜€ Apakah para pengelola server wordpress.com ada yang mengerti Bahasa Indonesia atau memiliki perwakilan orang Indonesia?

Perubahan Dani Iswara’s Blog

  • jumlah tulisan di halaman depan dikurangi menjadi 8 untuk mengurangi ukuran berkas saat loading awal, (mencoba) mengikuti aturan < 100 taut per halaman, dan (mencoba) menyeimbangkan dengan panjang menu samping
  • posisi foto hemat ruang
  • kumpulan taut teman dipindah ke halaman kumpulan taut karena kemungkinan terdapat banyak tambahan (maaf buat yang belum tercantum)
  • pembaharuan lisensi Creative Commons versi 3.0

‘Gak enak rasanya kalo ngga utak atik blog..’๐Ÿ˜€
Menu samping Arsip ‘ngga bisa dipendekin’ ya..?๐Ÿ˜ฆ

Bacaan lain:
Webcredible
Kesan Pemula WordPress
Pindah (juga) ke WordPress.com

Technorati Tags: , firefox,

powered by performancing firefox

ยซ atas ยป

Silakan beri komentar, email tidak dipublikasikan, kode (XHTML) berikut dapat digunakan:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <code> <em> <i> <strike> <strong>

Dapatkan foto/ikon avatar dari Gravatar.

Dani

 

19 Balasan ke Dua Bulan di WordPress.com

  1. erander mengatakan:

    The first … thanks sudah banyak membantu saya mendapatkan info tentang blog. Maklum, waktu pertama2 jadi blogger, saya sering tanya2 ke yang sudah senior. Mungkin karena mereka sibuk, pertanyaan saya sering diabaikan. Gpp sih .. saya akhirnya nyari sana sini. Alhamdulillah, teman2 di Word Press .. pada welcome, termasuk anda. Saya senang di Word Press karena anggotanya baik2 .. cuma itu aja sih alasan saya kenapa sekarang saya lebih suka nulis di WP dari pada di blog yang lainnya.

  2. Dani Iswara mengatakan:

    » erander:
    iya pak, saya jg banyak tanya sama pendahulu2 wp.com..
    emang betah di wp.com..๐Ÿ˜€

  3. mrtajib mengatakan:

    Selama ini saya ngeblog, ya ngeblog saja, sampai akhirnya sadar ternyata ngeblog perlu juga tahu alatnya…agar menjadi lebih efektif….terimakasih membantu pemehaman… semoga masuk sorga!

  4. Biho mengatakan:

    hidup wordpress!

  5. helgeduelbek mengatakan:

    Mantap infonya ringkas jelas. BTW kok jarang nulis di wordpress?

  6. Amd mengatakan:

    Canggih benerr….

  7. cakmoki mengatakan:

    Dah nyoba dropdown arsip ? Mungkin manual bisa.
    CSS nya nunggu kemurahan Om Matt deh, bersaing juga kan ?
    Koleksi theme dari wp.org sudah siap, siapa tahu edit CSS dibuka.
    Itu memang gak ada kesimpulan ya.
    Kesimpulan: tetap di wordpress๐Ÿ˜€

  8. Kang Kombor mengatakan:

    Beda skor yang hanya 18 itu kalau dibandingkan dengan umur kedua platform bagaimana, Kang Dani? Blogger bisa dikatakan merupakan simbah-simbah di blogosfer sedangkan wordpress masih gadis remaja.

    Saya yang make Blogger sejak tahun 2000-an setelah pindah ke WP merasa WP lebih nyaman digunakan. Soal kebebasan mengutak-atik desain saya nomor enamkan (lagi-lagi 1-5 adalah pancasila) karena saya hanya ingin nulis, bukan pamer desain.

  9. senyumsehat mengatakan:

    aku lebih suka WP, soale ada yg nulis2 spt ini, banyak gurunya dan semuanya baik ringan tangan, soal design emang bagusan Blogspot tapi siapa juga yg mau nonton design, khan pingin baca… hehehe… thanks ya dik๐Ÿ™‚

  10. helgeduelbek mengatakan:

    @ cakmoki: saya sudah otak-atik belum berhasil juga.

  11. Dee mengatakan:

    Sekalinya di wordpress, kerasan deh di sini. Dan sudah merasa seperti di rumah sendiri, punya tetangga yang asik punya. Soal utak-atik desain, saya merasa bukan ahlinya. Cukup nulis dan nulis, dan untuk sebuah fasilitas gratisan WP sudah lebih dari cukup lah.

  12. prayogo mengatakan:

    Saya sudah terlanjur suka dengan WP, tetapi kenapa belakangan ini WP sepertinya agak lambat untuk di akses ya…apakah ini hanya di tempat saya saja atau teman2 juga merasakan hal yang sama seperti saya…

  13. Deddy mengatakan:

    skali wordpress tetap wordpress๐Ÿ˜‰ uda “megang” banget nih pake WP…

  14. peyek mengatakan:

    sangat berguna mas, nanti diotak-atik lagi ah…
    trim atas sharingnya

  15. huda mengatakan:

    hmm… enakan make wordpress.. kendali kita lebih maksimal.. apalagi klo hosting di web hosting lain (di luar wordpress.com)… alias nginstal sendiri… trus. WP juga gak terbatas utk bikin blog sederhana. Klo mudeng web programming kita bisa bikin aplikasi yg dahsyat dengan fitur pluginnya. dan sebenernya cocok juga buat situs perusahaan2 besar. Coding pluginnya juga gak susah2 amat… asal banyak waktu aja๐Ÿ˜€ (nah ini yg susah)

    Soal desain.. klo dibilang bagusan blogspot.. kenapa gak njiplak aja dari blogspot trus dipasang di tempat kita???? beres khan..

    masalah fluid/fixed width.. emang kadang rada bikin bingung.. susah menjaga konsistensi layout klo paragraf konten ikut lari ke sana ke sini mengikuti ukuran window. apalagi klo mau buat 3 kolom… alhasil, di tempatku make fixed width dan monitor friendly pada resolusi 800×600. Tapi begitu dibuka make laptop yg widescreen.. wuaduh.. banyak space kosong kirikanan

  16. Dani Iswara mengatakan:

    # mrtajib:
    sebenernya saya kewalahan jg ngadepin komunitas wp.com ini๐Ÿ˜€
    kopi-rekat komentar2 di atas ke kolom komentar..(drpd jwb satu2)
    ato ada saran lain..?
    semoga nantinya kita ketemu di surga kang..๐Ÿ˜€

    # Biho:
    sempat2nya mampir pak..

    # helgeduelbek:
    keterbatasan pulsa pak..maklum..

    # Amd:
    ah bisa aja..maklum saya kan pemula nih..jd masi coba2..

    # cakmoki:
    makasi pak kesimpulannya..pokoknya masi coba2 dl nih..

    # Kang Kombor:
    iya tuh, usia hrsnya dipake jg kang ya..
    desain blog kan gak hrs seragam?
    coba wp.com ngebolehin ganti warna tema, gak cuman header aja..๐Ÿ˜€
    yg mau blajar utak-atik css dan xhtml jd agak males pake wp.com
    ah maunya gratisan..

    # senyumsehat:
    iya bu..tp kadang desain mencerminkan pemiliknya utk personalisasi katanya..
    buat blajar (desain) sih lbh pasnya..
    jd wp.com ini kayak mac dibanding linux (yg kayak blogger.com)๐Ÿ˜€
    nyambung gak ya..

    ada lho bu..yg br liat desain aja, dah ditutup blognya alias gak jd berkunjung..(mis blog yg warnanya nyakitin mata, ‘berat’ [banyak iklannya, scriptnya, gambarnya, flashnya, virusnya, dll],)

    tp (mungkin) ada jg yg desainnya apiiik banget, tp isinya ternyata kopi-rekat semua, ato ada p0rn0nya..

    # helgeduelbek:
    iya pak guru, sptnya script dan form emang gak bs dipake di wp.com ini..

    # Dee:
    iya pak dhe, tp warung jg kan perlu desain tersendiri ya..

    # prayogo:
    kadang agak lambat, tp biasanya (relatif) lbh cepat dibanding blogspot๐Ÿ˜€

    # Deddy:
    boro2..masi grepe2 nih Ded..๐Ÿ˜€

    # peyek:
    yg penting konten (dan keywords bagi seo-addict)๐Ÿ˜€

    # huda:
    nah ini nih yg dah hosting sendiri..๐Ÿ˜€
    tp kadang hosting dlm negeri agak lambat..pas banjir kmrn mungkin ya..

    gemana kalo menu2 samping fixed, trus body, konten utama dan seluruh teks pake ukuran relatif..(asal gak banyak pake gambar2 aja..)?

    dan di wp.com gak bs ngatur itu semua, kec. milih desain yg memungkinkan utk itu..ato feedback ke wp.com..

    ahh gratisan kok repot..๐Ÿ˜€

  17. antobilang mengatakan:

    aku cintah wordpressss!!!
    dulu pake yg lain linglung…bingung…
    di WP, selain penggunaannya manusiawi, penghuninya juga ramah2 dan kekeluargaan, hihihi

    » antobilang:
    makasi contoh bannernya ya mas anto..mas anto emang top deh..๐Ÿ˜€
    wp.com yg gratisan aja dah sip..walaupun saya masi raba2 nih..
    tp demi ngikutin perkembangan blogspot, saya masi pake utk iseng aja..๐Ÿ˜€

  18. gadis mengatakan:

    hi salam kenal ! saya baru belajar blog. Saya mo nanya kalo gunakan emotion spt๐Ÿ˜€, mengapa hasilan pada blog saya ada kotak segiempat disekitar emotion tersebut ? Tolong bantu saya

    » gadis:
    salam kenal juga..
    biasanya karena bawaan theme/tema..pake blogger.com ya..??๐Ÿ˜€
    kl iya, dan kl bisa ngedit CSS, baris yg ada
    .post img {
      border… → diapus aja..
    }

  19. ooyi mengatakan:

    Bagus nihh…bang Dhani ulasannya. Moga2 ada ulasan seputar perkembangan worpress. Gimana kalo kita tukeran link ? Support untuk anda !!!

    Salam hormat
    ooyi

    » ooyi:
    makasi bang..rencananya taut rekan2 akan saya lengkapi…๐Ÿ˜€
    keep blogging..

%d blogger menyukai ini: