Tes Kecepatan Blog

Tulisan ini juga memuat gambar hasil tes kecepatan beberapa blog.


Tes dapat dicoba di website speed test.

Tes menggunakan WiFi, dengan contoh weblog yang saya anggap representatif:

  • berada dlm kondisi valid CSS dan XHTML-nya
  • tidak valid CSS dan XHTML-nya
  • dihosting sendiri, di wordpress.com, dan blogspot
  • trafik tinggi
  • trafik rendah
  • pengalihan (redirection)
  • ukuran berkas (laman [halaman depan])
  • jumlah gambar
  • jumlah javascript, dll

tes kecepatan blog - 1

tes kecepatan blog -2

Pesan moralnya.. :
» Banyak faktor lain yang mempengaruhi kecepatan tampil sebuah weblog
» Tidak semua memiliki akses Internet yang cepat.

24 Balasan ke Tes Kecepatan Blog

  1. arifkurniawan mengatakan:

    Lumayan, saya jadi tau berapa load time wordpress saya… hehehe… 0.81 sec.
    hehe (*begaya dikit ahh*)

    » arifkurniawan:
    mewakili yg trafiknya tinggi..tp krn make wp.com, tetap loading dgn aman..coba pake blogspot…😀

  2. peyek mengatakan:

    Siip mas, jadi bisa tahu diri

  3. zainurie mengatakan:

    lumayan kang,aku bisa tahu kecepatane lodinge blogku

    » zainurie:
    iya mas tohir..tp untungnya di wp.com relatif gak terasa bedanya..tetep relatif lbh cepet dari blogspot kebanyakan..

  4. imcw mengatakan:

    akur Dan…kadang heran lihat blog tetangga yang penuh dengan gambar, sehingga size-nya sampe ratusan mega…;)

    » imcw:
    tp coba di wp.com, gak terasa bedanya..asal gambarnya disimpen di wp.com..

  5. Nieke mengatakan:

    om, lapor! aku juga [akhirnya] ikutan bikin WP. tp masih cupu banged blognya😛

    niekeessy.wordpress.com

  6. fertobhades mengatakan:

    makasih mas dani atas infonya

    *lumayan 0.65 sec*🙂

  7. cakmoki mengatakan:

    bisanya masih dial-up nih. kepingin fren belum ada hehehe
    masih tetep, diatas 0,6😦

  8. erander mengatakan:

    Cool banget .. saya akses pake telkomnet instan 33,6 kbps untuk melihat blog saya dengan size 40.64 KB. Dan ternyata hasilnya load time 0.67 seconds dengan average speed per KB 0.02 seconds. Menurut mas Dani, apa sudah cukup cepat? atau lambat? Saya berusaha agar blog saya dapat mudah dan cepat di akses. Thanks banget infonya. Amat sangat berguna.

  9. Nieke si saTpaM,, mengatakan:

    om, setelah aku teliti, ternyata tampilan seperti yg om dani bilang itu terlihat di IE. kalo di Mozilla tampilannya lebih maximal. jadi smuanya terlihat persis seperti screenshoot yg ditampilkan WP saat kita akan memilih template yg disediakan.

    sebenernya aku mau kasih screenshoot versi aku juga om, tp unfortunately jaringan speedyku lagi lambat mampus, jd agak susah mau upload image. lain kali aku kirimin. hehe.. over all, thanks infonya🙂

    » nieke:
    saya pake mozilla firefox 2.0.0.3 versi linux dg web developer extension (disable images aktif; termasuk gambar latar gak diunggah..tenang aja nieke..gak semua fakir benwit spt saya..gpp kok..keep blogging aja..
    tp sori, kali saya yg error nih..ntar saya cek dl ya..😀 )
    eh pake opera 9.10 versi linux dg modus ‘no images’ jg hasilnya sama..
    tp kl image-nya ditampilin semua, aman2 aja kok..cuman cek aksesibilitas aja..😀
    blm liat di IE🙂

  10. mashuri mengatakan:

    Hasil test pertama Loading time:0.73sec
    1 menit kemudian saya ulangi lagi didapatkan hasil Loading time:0.5 sec….Kayaknya traffic factor dominan ya?

  11. Evy mengatakan:

    Waah WP cepet lho, ukuran dan kecepatan loading 1/2 nya dr blogspoot paahal gambarku banyakan yg di WP kenapa yaa… nggak salah deh ngajakin hijrah ke WP hehehe… thanks dok info-nya🙂

  12. helgeduelbek mengatakan:

    wah info bagus nih…

  13. asgor mengatakan:

    wah boleh juga ngebandingin dari link yang mas kasih(http://www.iwebtool.com/speed_test) ama yang edittag kasih
    (http://www.websiteoptimization.com/services/analyze/)
    hasil ya kaya apa yah…. coba ah….

  14. klikharry mengatakan:

    kalo aku sih terserah…nyang penting bisa ngeblogsss…he.he…

  15. aVank mengatakan:

    wa… tes ah
    kayaknya si lambat nih
    maklum
    hosting murah

  16. dwi mengatakan:

    33.46 KB 0.41 seconds 0.01 seconds
    blogspot punya..
    ga kalah ah sama wp😛

    » dwi:
    yup itu maksudnya..
    tgt setting Blogger.com dan situasi jaringan..

  17. MaIDeN mengatakan:

    Maaf,

    # Domain name Size Load time (secs) Average Speed per KB
    01 maid3n.blogspot.com 63.12 KB 0.42 seconds 0.01 seconds

  18. kopidangdut mengatakan:

    mau wp mau blogspot mau lainnya
    yg penting gratis;)

  19. munggur mengatakan:

    tergantung waktunya juga yach…
    kalo malam hari bisa lebih cepat dong.

    anyway, karena alasan speed itulah saya selalu milih theme wordpress White as a Milk.

    yang theme lain2nya bagus2 tapi lama munculnya…

  20. Thamrin mengatakan:

    Terima kasih Mas atas tipsnya, lumayan blog saya nggak jelek-jelek amat….🙂

  21. aLe mengatakan:

    ngetest ah,,

  22. Once_Dewo mengatakan:

    hmm… average speed per kilobyte tergantung hostingan juga ya ???

    1. wordpress front page, hosting A – 0,04
    2. php coding front page, hosting A – 0,03
    3. drupal front page, hosting A – 0,05
    4. wordpress deep page, hosting A – 0,04
    5. php coding deep page, hosting A – 0,06
    6. drupal deep page, hosting A – 0,07
    7. html coding front page, hosting B – 1.3 seconds

  23. Ned mengatakan:

    aduuh2

    blog q ini 1.4 seconds

    yg ini ini 0.26 seconds

    kok lemot2 ya??ada tips biar gak lemot??

  24. Aditya mengatakan:

    #
     Domain name

    Size
    Load Time
    Average Speed per KB

    1adhiets.blogspot.com/76.96 KB0.11 seconds0 seconds

